Mancanegara Musik 80'an Dangdut Malaysia Reggae Lagu Religi Lagu Anak Radio Artikel

Bagaimana Cara mudah Mencari Chord Gitar sebuah lagu ?

Sponsors:


Biasanya pertanyaan ini sering banget muncul ketika kita mulai belajar gitar, atau mencoba mengulik lagu tertentu. Gimana cara mencari kunci gitar dari sebuah lagu?

Kali ini mimin akan berbagi tips mengenai bagaimana sebenarnya mencari notasi kunci dari sebuah gitar. Mimin sadur informasi ini dari sebuah video youtube milik akun bernama Musisi Amatir. Dalam video tersebut, mas yang menulis dalam deskripsi akunya sebagai Panggil aku Samkhan ini membuat sebuah tutorial video tentang bagaimana cara mudah mencari Chord sebuah lagu. 

Pada video berdurasi kurang lebih dua belas menit ini dijelaskan jika hendak mencari sebuah chord gitar kita harus menguasai progresi sebuah nada dasar atau chord. Dalam video ini mas Samkhan menjelaskan mengenai progresi nada dari chord dasar C. Misalnya pada kunci C, maka progresi chordnya adalah C Dm Em F G Am Bdim. Begitu dengan kunci dasar lainnya, tinggal mencari progresinya. 

Jika kita sudah menguasai progresi chord, maka kunci dari gitar sebuah lagu tidak akan lari dari progresi tersebut. Jadi kombinasinya hanya itu saja. Sementara untuk mendapatkan nada yang sesuai kita bisa latih dengan feeling. Namun kita sudah punya patokan bahwa jika kunci dasar itu sudah tau, maka kombinasi kunci lainnya kita sudah tau. 

Disini sangat ditekankan agar kita mempelajari atau mengetahui progresif chord. Karena ini adalah modal utama untuk seorang gitaris pemula untuk mengulik kunci gitar sebuah lagu. 

Salah satu lagu dengan chord paling mudah adalah lagunya Sheila On 7 - Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki, kuncinya cuma dua kombinasi G dan C, cuma Erros membuat petikannya yang khusus dan itu sangat keren karena menjadi khas banget untuk lagu ini.

Untuk lebih jelas mari simak video cara mencari chord gitar dengan mudah pada chanel Musisi Amatir ini, jangan lupa subscribe ya biar masnya semakin rajin bikin video. Salam gitaran.

https://www.youtube.com/watch?v=IrOuK1CcjXQ&t=439s



Baca Juga :

Tujuh Kunci gitar sering dimainkan Pekan ini 13 April 2024
6 Kunci Gitar Yulia Citra Paling Sering dimainkan



Kata Kunci yang sering digunakan dalam pencarian chord gitar: