Mancanegara Musik 80'an Dangdut Malaysia Reggae Lagu Religi Lagu Anak Radio Artikel

Cara Belajar Alat Musik di Usia Matang

Sponsors:


Belajar alat musik hingga sekarang ini dianggap sebagai hal yang membosankan serta penuh dengan perjuangan. Untuk bisa lihai bermain instrumen musik, terkadang kita harus mulai belajar di usia dini. Namun bagaimana jika ketertarikan bermain musik muncul saat sudah dewasa? Bagi Anda yang tertarik di dunia musik serta ingin memulainya saat ini, jangan patah arang, berikut beberapa hal yang harus disiapkan.


Pilih alat musik yang cocok

Terlebih dahulu, pastikan jenis musik apa yang ingin dipelajari. Anda dapat menemukan kecocokan tersebut dengan riset kecil-kecilan seperti menonton video musik seseorang, atau mengobrol dengan teman yang menyukai musik. Setelah yakin dengan pilihan Anda, tentukan ukuran instrumen musik yang sesuai dengan tubuh. Jangan lupa, beli instrumen yang harganya sesuai dengan kantong.


Gunakan metode belajar yang menyenangkan

Ada begitu banyak panduan belajar alat musik di toko buku. Namun, di zaman digital seperti sekarang ini, Anda bisa belajar dari komposer sampai music educator tertentu. Selain itu, Anda dapat mencoba belajar dari media sosial seperti Youtube.


Cari guru berpengalaman

Anda dapat mencari informasi mengenai sekolah musik yang memiliki kelas untuk pemula. Pilih sekolah musik yang berkompeten dengan guru berpengalaman di dalamnya. Sebenarnya tidak hanya mencari sekolah musik konvensional, Anda juga bisa mencari video tutor di internet yang bisa dibeli dengan harga yang cukup murah. Setelah bisa memainkan sedikit alat musik, jangan lupa berkumpul bersama dengan orang-orang yang memiliki minat musik yang sama.


Tentukan durasi latihan

Pilih waktu latihan belajar alat musik yang tidak akan mengganggu aktivitas utama Anda. Anda bisa belajar saat sore hari atau saat akhir pekan. Sediakan waktu yang benar-benar bersih untuk belajar sehinga Anda bisa benar-benar fokus. Jika tidak memiliki waktu luang yang cukup banyak, Anda bisa menyisihkan waktu 10 menit untuk berlatih. Hindari berlatih secara berlebihan karena dapat menyebabkan kelelahan dan kurangnya konsentrasi.


Motivasi untuk berlatih

Mempelajari alat musik di usia matang membutuhkan kedisiplinan tinggi, konsistensi, serta waktu yang panjang. Tetapi, hal yang paling penting adalah motivasi untuk berlatih. Jangan biarkan keinginan pandai bermain memainkan instrumen musik hanya sebatas mimpi.



Baca Juga :

10 Kunci Gitar Fatin Paling Sering dimainkan
17 Kunci Gitar Ello Paling Sering dimainkan



Kata Kunci yang sering digunakan dalam pencarian chord gitar: